Senin, 01 Oktober 2012

anakku bagas sudah berusia 13 bulan...

 
Pada usia ini tentunya kemampuan bicaranya mulai bertambah. Apalagi bila dia dikenalkan pada objek yang baru dan menarik buatnya maka dia akan menirunya. Kebetulan anak saya  sering dibawa ke komunitas nya pada acara-acara tertentu, sehingga dia merasa nyaman untuk berbicara dengan teman sebayanya walaupun kadang tidak jelas apa yang dibicarakan mereka. Anakku sudah bisa bilang mama, inggih, itu, Alloh (awoh) kalau dengar suara azan di masjid, SUSU (dia bilangnya cucu) dan masih banyak lagi. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, pada usia ini anak sudah mulai sering meniru sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berbicara maupun berlaku. Pernah suatu kali ada ucapan “moh”, besoknya anakku langsung menirukan kata itu. Sejak saat itu aku harus lebih berhati-hati. Dia nonton aja bisa menirukan kata-kata yang ada diiklan. Aku terkadang sampai kagum melihat perkembangannya.

Pada usianya yang ke-11 bulan, anakku sudah bisa berjalan lancar. Dia sudah mulai berani berkumpul sama teman2nya yang lebih besar. Sudah mulai minta sekolah bersama mas Nanda.Hampir setiap malam dia rewel bila mau tidur. Aku sempat bingung karena anakku susah makan sukannya cuma minta mimik mamanya dan air putih saja. Akhirnya aku cari  info dari beberapa teman dan mereka menganjurkan untuk mencoba pijat karena takut anakku tidak mau makan terus, akhirnya aku memanggil tukang pijat. Memang dia nangis ketika dipijat, namun setelah itu dia sudah bisa tidur nyenyak dan ternyata dia sudah mulai mau makan lagi walau cuma sedikit.

Memasuki usia ke-12 bulan dia sudah lancar untuk berjalan, walaupun kadang-kadang jatuh juga. Harus dipaksain berani untuk melihat dia jatuh asalkan ke arah depan jangan sampai kena ke kepala belakang. Jadi sekarang dia sudah bisa berjalan-jalan sendiri.

Untuk makanannya sudah lebih bervariasi, kadang dia sudah aku coba untuk merasa masakan ikan gule, semur daging cincang, sayur daun ubi tumbuk dan lainnya. Karena makanannya sudah bervariasi maka sangat perlu untuk memberinya buah karena tentu saja dengan berbagai macam makanan itu maka bila tidak ada buah maka dia agak kesulitan untuk BAB. Untuk usianya yang sekarang 13 bulan berat badannya 10 kg. Tapi akhir-akhir ini anakku kalau malam hari tiba-tiba badannya panas dan tidak nyaman tidurnya karena  kalau bermain tidak mau di dalam rumah sukannya diluar rumah padahal musim sekarang cuacanya kurang bagus karena angin kencang dan panas banget. badan anakku jd merah-merah karena biang keringat atau kena gabagken. karena kelelahan juga anakku jadi minumnya banyak dan makannya berkurang. 

Memang benar bahwa masing-masing anak berbeda perkembangannya, untuk itu kita sebagai seorang ibu harus sabar dalam membesarkan anak-anak buah hati kita.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar